Scroll Untuk Baca Artikel

Berita

Gagasan Strategis untuk KAHMI Kutai Timur: Reaktualisasi Peran melalui Pendirian Lembaga Pendidikan Berbasis Nilai

444
×

Gagasan Strategis untuk KAHMI Kutai Timur: Reaktualisasi Peran melalui Pendirian Lembaga Pendidikan Berbasis Nilai

Share this article
banner 468x60

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

banner 468x60

Yang terhormat para pengurus dan anggota KAHMI Kutai Timur yang saya banggakan.

Sebagai organisasi yang telah berkiprah selama kurang lebih 20 tahun di Kutai Timur, KAHMI memiliki potensi besar untuk menjadi agen perubahan yang signifikan dalam pembangunan daerah. Namun, jujur kita akui, dalam kurun waktu tersebut, kontribusi pemikiran dan aksi nyata KAHMI secara kelembagaan belum sepenuhnya dirasakan oleh masyarakat. Hal ini tentu menjadi introspeksi bagi kita semua, sekaligus memacu semangat untuk berbenah dan bergerak lebih strategis.

Introspeksi: Mengapa Kita Belum Optimal?

Kita perlu jujur mengakui bahwa beberapa tujuan ideal pendirian KAHMI belum sepenuhnya terwujud. Kita belum optimal dalam:

1. Menghimpun Potensi Alumni: Banyak alumni HMI di Kutai Timur yang memiliki potensi luar biasa, namun belum terwadahi dan tergerakkan secara efektif oleh KAHMI.
2. Mengembangkan Pemikiran Islam Progresif: Pemikiran Islam yang relevan dengan tantangan lokal belum menjadi fokus utama dalam program-program KAHMI.
3. Berkontribusi pada Pembangunan Daerah: Kontribusi nyata KAHMI dalam pembangunan daerah masih belum signifikan dan terukur.
4. Menjaga Nilai-Nilai Keislaman dan Keindonesiaan: Internalisasi nilai-nilai ini kepada generasi muda dan masyarakat luas perlu ditingkatkan.

Gagasan Strategis: Pendirian Lembaga Pendidikan Berbasis Nilai

Sebagai solusi konkret dan strategis, saya Rahman, S.Kel.,S.Pd.,M.E ketua cabang HMI Sangatta Periode 2012-2013, memberikan usulan gagasan agar KAHMI Kutai Timur mengambil inisiatif untuk mendirikan lembaga pendidikan yang komprehensif, mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) hingga Perguruan Tinggi. Gagasan ini bukan hanya sekadar mendirikan sekolah, tetapi membangun ekosistem pendidikan yang berlandaskan nilai-nilai Islam, keindonesiaan, dan kearifan lokal.

Mengapa Lembaga Pendidikan?

1. Investasi Jangka Panjang: Pendidikan adalah investasi jangka panjang yang akan menghasilkan SDM berkualitas, berakhlak mulia, dan siap berkontribusi bagi pembangunan daerah.
2. Relevan dengan Tujuan KAHMI: Pendirian lembaga pendidikan sejalan dengan tujuan KAHMI untuk menghimpun potensi alumni, mengembangkan pemikiran Islam progresif, berkontribusi pada pembangunan daerah, dan menjaga nilai-nilai keislaman dan keindonesiaan.
3. Solusi Konkret: Lembaga pendidikan akan menjadi wadah nyata bagi KAHMI untuk berkontribusi dalam pengembangan SDM, bukan hanya melalui seminar atau diskusi, tetapi melalui proses pendidikan yang berkelanjutan.

Konsep Lembaga Pendidikan KAHMI:

1. PAUD: Menanamkan nilai-nilai Islam dan keindonesiaan sejak dini, mengembangkan karakter, kreativitas, dan kemampuan dasar anak.
2. SD/SMP/SMA: Mengembangkan kemampuan akademik, keterampilan abad ke-21, dan karakter siswa dengan kurikulum yang diperkaya dengan muatan lokal dan nilai-nilai Islam.
3. Perguruan Tinggi: Menghasilkan lulusan yang kompeten di bidangnya, memiliki jiwa entrepreneurship, dan berlandaskan nilai-nilai Islam dan keindonesiaan.

Langkah-Langkah Implementasi:

1. Pembentukan Tim Inti: Bentuk tim yang solid dan berkompeten untuk melakukan studi kelayakan, menyusun proposal, dan menggalang dukungan.
2. Penggalangan Dana: Libatkan alumni, donatur, pemerintah daerah, dan pihak swasta untuk menggalang dana.
3. Kerjasama Strategis: Jalin kerjasama dengan perguruan tinggi, lembaga pendidikan, dan organisasi lain yang memiliki pengalaman di bidang pendidikan.
4. Penyusunan Kurikulum: Susun kurikulum yang inovatif, relevan, dan berlandaskan nilai-nilai Islam dan keindonesiaan.
5. Rekrutmen SDM: Rekrut tenaga pengajar dan pengelola yang berkualitas, kompeten, dan memiliki visi yang sama.

Dampak yang Diharapkan:

1. Peningkatan Kualitas SDM: Menghasilkan lulusan yang berkualitas, berakhlak mulia, dan siap berkontribusi bagi pembangunan daerah.
2. Penguatan Nilai-Nilai Keislaman dan Keindonesiaan: Menanamkan nilai-nilai ini kepada generasi muda.
3. Peningkatan Citra KAHMI: Meningkatkan citra KAHMI sebagai organisasi yang berkontribusi nyata bagi masyarakat.
4. Optimalisasi Potensi Alumni: Memberikan wadah bagi alumni HMI untuk berkontribusi dalam bidang pendidikan.

Penutup:

Saya yakin, dengan semangat kebersamaan, kerja keras, dan niat yang tulus, kita dapat mewujudkan gagasan ini. Pendirian lembaga pendidikan bukan hanya akan menjadi legacy bagi KAHMI Kutai Timur, tetapi juga kontribusi nyata bagi kemajuan daerah dan bangsa. Mari kita jadikan KAHMI sebagai pelopor perubahan positif di Kutai Timur.

Rahman,S.Kel.,S.Pd.,M.E
Ketua HMI Cabang Sangatta 2012-2013/Pengurus KAHMI Kutim

Billahit Taufiq Wal Hidayah, Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *